Ayo Rekayasa Muharram mu !!



Oleh Muhammad Nasrullah

Muharram merupakan bulan mulia yang kita harus ambil kemuliaan di dalamnya dengan merencanakan kegiatan-kegiatan positif yang bakal kita raih untuk sebelas bulan kedepannya. Sebagai generasi muda kita harus melakukan banyak hal yang dapat membuat kehidupan kita lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya supaya kita menjadi orang-orang yang beruntung.




Inspirasi Muharram

Muharram bermakna diharamkan atau di hormati atau istilahnya bulan genjatan senjata atau bulan perdamaian. Hal ini menunjukkan bahwa dimanapun kita harus bersikap damai, tidak boleh mengobarkan api peperangan jika tidak diperangi terlebih dahulu (baca www.muslimah.or.id 4/11/2013)

Maka dari itu teman-teman, kita harus terus Move On/bergerak karena kalau tidak, kita akan tertindas oleh perputaran zaman. Dosen ane pernah bilang bahwa pada tahun 2020 sebuah institusi/perusahaan tidak akan merekrut orang hanya dengan melihat ijazahnya saja, namun yang pertama kali mereka lihat dan uji adalah kemampuan di bidang apa yang ia kuasai, dan ini sudah berlangsung di Negeri sakura, Jepang. Maka dari itu kita harus melakukan banyak hal dengan tahapan-tahapan yang harus kita capai. Alhamdulillah saat ini ane sendiri sudah menulis rencana-rencana yang akan ane capai selama setahun. Diantara planing-planing tersebut, ane akan berusaha untuk menghafal 3 juz al-qur’an sebagai pegangan hidup ane. Selain itu ane juga memprogram dalam sehari minimal ane harus menulis satu artikel untuk di publikasikan di dalam blog pribadi ane.

Rencana yang ane sedang jalani juga dalam bulan ini yakni, menulis. Setiap hari insyaAllah ane berusaha untuk menulis semua aktifitas yang terjadi entah itu peristiwa yang menarik/menggembirakan ataupun malah sebaliknya keburukan/kesedihan. Semua itu ane tuliskan dalam rangka untuk melatih diri ane tuk peka dan terbiasa dengan kegiatan tulis-menulis. Dan semua aktifitas itu ane rangkum dalam sebuah buku yang harapan ane nantinya bisa ane lihat kembali dan menuliskannya dalam sebuah buku yang lebih layak untuk dibaca di khalayak umum. Itu salah satu harapan yang akan ane capai dalam bulan muharram ini.

Ane mulai tertarik dengan tulis-menulis sejak ane masih SMA, karena ane beranggapan bahwa dengan menulis, maka kita bisa dengan bebas menyuarakan ide-ide, kritikan kita dan juga dengan tulisan, kita yang bisa menginspirasi banyak orang.

Teman-teman tau gak, sebelumnya ane tidak pernah berfikir untuk melakuk hal ini, bahkan ane sendiri ragu dengan kemampuan ane yang kata orang -rata-rata- akan tetapi setelah ane baca buku motivasi dan menyaksikan filem-filem yang menginspirasi dari kehidupan orang-orang sukses, ane kemudian tergerak untuk bangkit dan mulai merumuskan dan merencanakan kehidupan yang lebih baik melalui tahapa-tahapan yang akan ane capai. Mulai dari tahapan jangka pendek dan jangka panjang yang bakal ane capai nantinya. Satu hal yang ane dapat dari kata-kata mereka “selagi kalian berusaha dan berdo’a, maka peluang anda untuk menjadi orang yang sukses sangatlah besar” dan juga mereka mengatakan “jika kita GAGAL dalam mempersiapkan diri, maka sesungguhnya kita sedang mempersiapkan diri untuk GAGAL”.

Target-Target Besar


Kalau dipikir-pikir siapa sih diantara kita yang ingin gagal ?? sudah bisa dipastikan bahwa semua kita pasti ingin sukses bukan ? akan tetapi kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa kita sebenarnya sedang mempersiapkan diri untuk gagal karena tidak ada target-target yang direncanakan untuk masa depan kita.

Saat ini ane juga sudah menulis target-target besar jangka panjang yang akan ane capai untuk satu, dua bahkan lima tahun kedepan. Target-target tersebut ane tulis di selembar kertas dan ane tempel di lemari dan di dinding kamar agar ane bisa selalu ingat dan bisa berusaha untuk menggapainya suatu hari nanti. Salah satu target yang ane tulis adalah ane pingin melanjutkan belajar di luar negeri tepatnya di jerman.

Mulai dari bulan Muharram ini kita bisa bercermin dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada tahun sebelumnya agar kita bisa mengambil pelajaran dan menjadikannya sebagai batu loncatan untuk menjadikan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik. Sebagai seorang muslim dan muslimah kita juga harus selalu memerhatikan hal-hal yang berkaitan dengan akhirat dan juga tidak melupakan dunia tentunya. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa “carilah dunia mu seakan-akan kamu hidup selamanya dan carilah akhiratmu seakan-akan kamu mati besok”. Jadi tidak ada salahnya donk kalau kita merencanakan kehidupan kita yang berkaitan dengan dunia namun kita juga tidak melupakan akhirat, iya bukan ?

Let’s Move on

Kita jadikan momentum Muharram sebagai awal dari perencanaan kehidupan kita menuju lebih baik. Setidaknya kita harus berani dulu untuk bermimpi dan bercita-cita sebesar mungkin dan setinggi-tingginya untuk mecapai target yang akan kita lakukan baru kemudian perlahan-lahan kita mencoba untuk memulai mewujudkan satu-persatu dengan sabar. Ingat, jangan terlalu terburu-buru dalam mengambil keputusan, kita harus bijak dalam menentukan mana yang harus terlebih dahulu kita kerjakan.

Jadi, Ayo teman-teman saatnya bergerak, tunggu apa lagi ?? sekarang bukan saatnya untuk bersantai-santai. Hari ini menentukan hidup kita lima tahun kedepan, jadi rekayasalah Muharram kita dengan berbagai kegiatan positif dari sekarang. Jangan menunggu esok hari karena hari esok belum menjamin apakah kita masih diberi jatah hidup ataukah malah sebaliknya. So, semangatkan dirimu untuk menjadi yang terdepan dalam hal-hal yang positif.


Related Posts:

0 Response to "Ayo Rekayasa Muharram mu !!"

Posting Komentar

Follow Me!!

Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks

Join Me

Flag Counter